Senin, 01 September 2008

SEKOLAH KE LUAR NEGERI

Mau skolah dimana ????

Pertanyaan yang akan pertama kali muncul saat kamu memutuskan untuk sekolah diluar negeri. Memilih negara memang susah – susah gampang. Keputusan yang didapat akan mempengaruhi seluruh persiapan kamu untuk belajar keluar negeri. Banyak faktor yang akan mempengaruhinya. Bisa saja karena biaya kuliah yang lebih murah, faktor geografis negara tujuan, atau karena faktor lainnya. Pertimbangkan juga mengenai Universitas – Universutas yang ada pada negara tersebut. Ada banyak negara yang patut menjadi sasaran untuk bersekolah, sebuta saja negara – negara sepeti amerika, australia, inggris, Kanada, dan masih banyak negara lain.
Kabar baiknya, peta
penyelenggara pendidikan terbaik sudah mulai bergeser. Dulu amerika dan inggris sangat mendominasi perguruan tinggi top di dunia. Memang sih urutan tiga besar universitas terbaik berasal dari dua negara tersebut, yakni Harvard University ( AS ), Cambrige University ( Inggris ), Oxford University ( inggris ). Tapi sekarang universitas dari kawasan Asia juga patut dipertimbangkan. Menurut survei yg dilakukan Institute of International Education ( IIE ) – sebuah lembaga yang berada di bawah Departement Luar Negeri AS – pada tahun 2006 sekitar 2,5 juta mahasiswa internasional di seluruh dunia, sekitar 6% memilih China sebagai negara tujuan sekolah. Beijing University sendiri berada di urutan empat belas sebagai universitas unggulan di dunia. Masih ada lagi negara Asia selain China yg juga patut dipertimbangkan, yaitu Jepang, Singapore, dan Hong kong. Menariknya lagi pola pergerakan negara tujuan telah banyak berubah. Dulu mahasiswa dari negara maju bersekolah di negara maju lainnya, atau dari negara berkembang bersekolah di negara maju. Saat ini bukan hal yang aneh melihat mahasiswa dari negara maju melanjutkan sekolahnya di negara berkembang. China dan India adalah negara yang saat ini berkembang pesat dengan program studi internasionalnya.
Setelah kamu dah yakin ama negara tujuan studimu, kamu harus menentukan Unversitas apa yang bakalan kamu pilih. Untuk menentukan Universitas mana yang kamu pilih, pertimbangkan mengenai lama studi, biaya, dan kualitas Universitas tersebut.


Tidak ada komentar: